Kisah ini terjadi waktu aku masih duduk di bangku SMA,tepatnya kelas 4(1 SMA.red) .Hari itu hari Sabtu.Saat itu masih subuh .Aku dan beberapa teman yang lain yang saat itu berstatus sebagai pembimbing anak kelas 1 mts sangat jarang untuk berangkat ke mesjid subuh (jangankan subuh,shalat yang lain aja jarang buanget)maklumlah..kita lagi masa2nya ngerasa kebebasan yang sangat2,mentang2 jadi pembimbing .Lagian waktu itu OP nya juga gag jalan2 banget og.Pengurusnya juga banyak yang ngeblong.
Pagi itu,kayak biasa,aku beranjak ke kmd waktu iqamah berkumandang.Aku langsung ke jemuran buat ngambil handuk ma alat mandi.Abis itu langsung ke kmd...jebyar-jebyur..mandi deh .Waktu di dalam kmd,aku kayak ndenger suara gaduh di luar.tumben-tumben pikirku subuh gini waktu orang pada ke mesjid kok rame gini.Insting anak-liar-dan-brandalku langsung berpikir cepat.Ini mesti ada apa2.Klo gag penggeledahan ya pencolekan."mampus!"batinku.Mandiku yang biasanya butuh waktu sekitar 20 menit saat itu bisa kuseleseikan dalam kurun waktu sekitar 7 menitan (eits..mandi cepet2 gitu masih tetep bersih og).Abis itu aku langsung buru2 keluar trus ke jemuran buat njemur handuk sekaligus berpikir dimana cari tempat sembunyi yang tepat .Sambil berpikir tiba2 aku teringat oleh keempat temenku yang lain yang merupakan langganan ngeblong bareng aku.Hana(teman sekamarku di KPI 17,temen suka duka mbimbing anak kelas 1 yang bawel abis(lebay!!!),Ebhy(tetangga depan kamar+teman dari kls 1 mts),Kiti(teman sebangku di kelas,sekaligus temen buat berbagi cerita),and terakhir Miftah(teman gila2an(atau dia emang gila beneran,aku gag tau).Aku berpikir bagaimana keadaan mereka sekarang?Sadarkah mereka kalo sekarang bahaya sedang mengintai??
Sambil masih berpikir tentang keadaan sahabat-sahabat tercinta(ceilah!)aku menuju tempat jemuran.Kali' mbak2nya gag sampe sana.Eh baru nyampe reservoir,aku ngeliat mbak Nida(mbak bag koord yg galak abis.red).Mbak Nida juga ngeliat ke arahku."mampus deh!"pikirku.Cepet2 aku melangkahkan kaki ke arah jemuran yang barantakan dan gag banget itu.Mudah2an si Mbak Nida itu berpikir aku lagi dapet and sekarang mau njemur dalemanku.Muka kupasang setenang mungkin,ekspresi watados(wajah tanpa dosa.red)langsung kukeluarkan.Sambil sedikit mendendangkan lagu puzzle of my heart-nya westlife aku masuk ke area-jemuran-gag-banget itu dan diam disana seraya berdoa dalam hati moga mbak2nya gag nyampe sini.Di dalam arena jemuran itu aku sebenernya bingung juga mau ngapain.Masa' diam kayak kambing cengok gitu(emang kambing bisa cengok?).Mau keluar dari jemuran kok rasanya kayak njeblosin diri ke penangkaran buaya.Dari jemuran aku bisa dengar suara teriakan mbak2nya yang kayaknya nangkap korban yang emang bersalah itu.Letak jemuran emang pas bersebelahan ma kmd.Sedangkan aku ngapain ?Aku yang dalam keadaan bingung and takut ketangkap mbaknya yang tiba-tiba masuk ke jemuran,aku NYUSUN DALEMAN orang yang entah itu punya sapa .Ntar kan aku punya alasan klo mbaknya ada yang nemuin aku disitu,setidaknya aku gag dalam keadaan diem gag ngapa2in,tapi lagi njemur daleman(yang sebenarnya bukan punyaku).Walaupun ngerasa disgusting setengah hidup setengah mati,aku staycool aja nyusunin daleman2 yang tersusun sangat tidak rapi itu.Daleman udah selesei disusunin,aku bingung mau ngapain lagi.Nggak sengaja liat di deretan kawat sebelah ada susunan jemuran seragam yang nggak rapi,kurapiin juga deh.Satu demi satu natain jemuran orang(dlm hati mbatin pol.boro2 nata jemuran orang,jemuran sendiri aja gag pernah tak tata,karna emang gag pernah nyuci)Yah..itung2 pahala.Gitu seterusnya sampe kira2 ada 5 deretan jemuran yang tak rapiin.Dalam hati aku terus beharap dan berdoa moga pencolekan ini cepat selesai and berakhir indah(aku bisa lolos).Aku bertanya2 dalam hati saat itu udah jam berapa karna aku sendiri belum absent ma yang diAtas (shalat.red).
Sekitar 1,5 jam kemudian aku ndenger suara gaduh yang pertanda orang2 udah pulang dari mesjid dan itu artinya pencolekan udah selesei.Aku langsung keluar dari jemuran,wudhu ke reservoir dan langsung balik ke kamar buat shalat sambil dalam hati masih memikirkan nasib pembimbing2 yang lain yang hobi ngeblong juga kayak aku .Sesampainya di kamar,Hana belum ada.Aku langsung shalat denagn kilat,takut tiba2 mbak2nya datang and nangkep aku lagi shalat.Gag lucu banget kan???Selesei shalat,Hana dateng sama Ebi yang mukanya ditekuk 7 lapis."Aku shalat dulu",kata Hana ma Ebi.Dalam hati aku bersabar nunggu cerita mereka.Kayaknya kabar buruk gitu,abis muka Ebi bertekuk-tekuk.Pas Ebi ma Hana masih shalat,Kiti ma Miftah dateng ke kamar.Muka mereka cerah kayak baru dapet uang bulanan 3x lipat.
"kalian gimana?gag pa2 kan?",tanyaku layaknya seorang sahabat yang menanyakan temannya yang baru berjuang.
"gag papa,noph.cuma bosen poll.bau...",kata Miftah berapi2.
"lha mank kalian dimana?"aku nanya lagi.
"di dapur nop.tempat cuci piring."kata Kiti.
"apppaa?"lebayku kumat
"kamu masii mending Kit.Aku pegel naek ke atas ember."Hana yang baru selese shalat nyahut.
"maksudnya Han?"
"iya.mbaknya kan biasanya klo ngecek jemuran yg diantara kmd cuma ngelongok bawah doank,ada kaki atau gag.yaudah,tadi aku naek ke atas ember yang kebalik,biar kakiku gag keliatan mbaknya."Hana masang muka melas.Aku ma Hana memang berada di jemuran yang berbeda.Aku di jemuran massal yang besar yang ada di reservoir,sedangkan Hana di jemuran di antara kmd merah ma kmd biru yang biasanya cuma buat jemur handuk.
"hahahaha"sontak kita ketawa bareng.
"kamu kalah pinter Han dari Ijah(Izza Fahmi.red)."Miftah nyambung."Ijah emang selalu siap sedia pembalut tiap mandi,jadi klo tiba2 ada pencolekan,dia tinggal keluar kmd,buang pembalut ke tong sampah,dan tinggal bilang'iya mbak,aku haid'."dalem hati aku mengagumi kecerdasan Ijah.
"Ebi kamu gimana?"tiba-tiba aku teringat Ebi
"Aku ketangkep.hash!!suruh hafalan asmaul husna di lapvol."Ebi njawab rada mangkel.
Setelah saling berkeluh-kesah(tapi sebagian mengucapkan puji syukur karena mereka selamat dari pencolekan) kita kembali ke kamar masing2.Aku tetap di kamar tempat berkeluh kesah tadi(karna emang kamarku).Kita bersiap2 buat melanjutkan aktivitas di pagi hari seperti hari biasa;ganti baju,nyusun buku pelajaran,sarapan,and siap2 berangkat sekolah.Pencolekan pagi itu rupanya membawa berkah buat masing2 dari kita.Kiti ma Miftah terlatih dengan bau tempat pencucian piring yang gag banget(karna bau sabun pencucinya emang gag banget),Hana terlatih buat berdiri dalam keseimbangan di atas ember karna mungkin dia membutuhkannya lagi suatu saat untuk keadaan darurat,Ebhi akhirnya ada alasan untuk menghafal asmaul husna yang emang membawa berkah,Ijah akhirnya bisa memanfaatkan pembalut yang biasanya hanya dia simpan untuk berjaga2,dan aku???manusia2 pemilik jemuran berantakan itu harus berterima kasih padaku karna aku udah menyusun jemuran berantakan mereka dengan sebegitu rapinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar